Senin, 24 Agustus 2020

Nabi Syits, Qainan dan Mahlil

Setelah meninggalnya Adam, Siti Hawa isteri Nabi Adam tidak hidup lama, hanya setahun, dan meninggal di hari Jumat dalam waktu yang sama saat beliau diciptakan. Siti Hawa meninggal di zaman Syits. Diriwayatkan bahwa Hawa dikuburkan berdekatan dengan Adam. Setelah kepergian mereka, Allah menurunkan 50 sahifah kepada Syits, Dialah orang pertama yang mengeluarkan kata-kata hikmah. Dialah yang pertama kali melaksanakan transaksi dengan emas dan perak dan orang pertama yang memperkanalkan jual beli, menciptakan timbangan, dan takaran. Dan dialah orang pertama yang menggali barang tambang dari dalam bumi.

Nabi Syits mempunyai seorang anak pria yang diberi nama Anusy (atau Arfus atau Yanisy). Di kening Syits terdapat cahaya Muhammad saw yang berpindah kepadanya dari Adam. Setelah Anusy lahir, cahaya tersebut berpindah ke keningnya. Nabi Syith a.s. wafat pada usia 900 tahun. sesudah Syits wafat meninggal, beliau digantikan oleh anaknya, Anusy. Sebelum meninggal, Syits menyerahkan tabut, tali, suhuf, dan cincin kepada Anusy. Anusy kemudian menikah dengan seorang perempuan yang kemudian mengandung seorang anak. Setelah anak itu lahir, cahaya Muhammad saw yang ada pada Anusy pindah ke wajahnya. Anak tersebut diberi nama Qainan (atau Kifan). Anusy ialah insan pertama yang menanam pokok kurma, bercakap bahasa hikmat, mempelajari goresan pena dan ilmu kira-kira serta menghitung perjalanan matahari dan bulan. Anusy terus melaksanakan kebiasaannya hingga beliau menemui ajalnya. Anusy meninggal pada usia 890 tahun. Sebelum meninggal, beliau serahkan tabut dan shuhuf kepada anaknya, Qainan. Dia memberi wasiat dan mengangkatnya sebagai pengganti setelahnya, artinya Qainan juga diangkat oleh Allah SWT menjadi Nabi dan Rasul, setelah Qainan diangkat menjadi pemimpin sesudah bapaknya, Qinan mempunyai kekuatan memerangi bangsa Jin, beliau muncul di antara insan dengan adil. 

Qainan kemudian menikah dengan seorang perempuan yang berjulukan Uthnuk. Dari ijab kabul tersebut, Uthnuk mengandung seorang anak laki-laki. Setelah lahir, anak tersebut diberi nama Mahlil (atau mahlaila) dan cahaya Muhammad sawpindah ke keningnya. Maka Qainan menyerahkan tabut dan suhuf kepada anaknya dan mengangkatnya sebagai penggantinya. Selanjutnya, Qainan sakit yang membawanya kepada meninggal pada usia 890 tahun.

Pada zaman Nabi Mahlil, insan mula berpecah belah dan menjalani hidup berpuak-puak dan bersuku-suku. Dalam sejarah asal mula insan menyembah berhala di dunia ini ialah umat di zaman Nabi Mahlil. Berikutnya Mahlil meninggal pada usia 865 tahun dan cahaya beralih ke anaknya yang berjulukan Yarid. Yarid pun meninggal dan cahaya itu berpindah ke anaknya yang berjulukan Ukhnukh, yang kemudian dikenal dengan Nabi Idris as yang tiba menyeru kepada kaum Nabi Mahlil supaya kembali menyembah Allah SWT. *Ibnu ‘Abbas, Abu Dzar al-Ghifari, dalam Tarikh Hadist AT-Thabarany (Jil. I,2,3,4,5..hal. 152, hal 153).*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar